Sosialisasi Pilkada Jawa Timur 2024 Oleh KPU Jatim, Sebarkan Informasi Mengenai Tahapan Pilkada dan Pilgub Jatim 2024

Sosialisasi Pilkada Jawa Timur



Tidak terasa tahun 2024 warga Jawa Timur akan melakukan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pemilihan Gubernur (Pilgub). Tentu saja hal ini harus disambut dengan antusias oleh warga Jawa Timur karena pesta demokrasi untuk warga Jatim akan berlangsung kurang lebih 3 bulan lagi.

Dikarenakan Pilkada dan Pilgub akan diselenggarakan 3 bulan lagi, maka Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) mengadakan sosialisasi kepada rekan jurnalis dan juga blogger mengenai tahapan penyelenggaraan Pilkada tahun 2024 ini.

Tentu saja diharapkan agar kami para blogger bisa memberikan informasi melalui tulisan agar bisa dibaca oleh masyarakat Jawa Timur khususnya, untuk kemudian diharapkan partisipasinya dalam mensukseskan Pilkada maupun Pilgub 2024 ini.

Sosialisasi Pilkada Jawa Timur 2024 diselenggarakan pada tanggal 16 Agustus 2024 di Soto Kudus Kedai Taman yang berlokasi di Gayungsari, Surabaya dalam bentuk Media Gathering yang mengangkat tema "Sinergi Jurnalis Dalam Sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur ahun 2024. Dihadiri oleh para rekan jurnalis dan juga blogger, sosialisasi ini menghadirkan 4 orang narasumber antara lain:
  1. Ketua KPU Jawa Timur yaitu Bapak Aang Kunaifi
  2. Anggota KPU Jawa Timur divisi Sosdiklih Parmas (Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Hubungan Masyarakat) yaitu Bapak Nur Salam
  3. Anggota KPU Jatim Divisi Teknis Penyelenggaraan yaitu Bapak Choirul Umam
  4. Kepala Bagian Hukum dan Sumber Daya Manusia KPU Jatim yaitu Bapak Popong Anjarseno
Seperti yang disampaikan oleh Bapak Aang Kunaifi, bahwa deengan makin banyak informasi tentang tahapan Pilkada dan juga Pilgub Jawa Timur 2024, akan semakin meningkatkan angka partisipasi masyarakat Jatim untuk memilih.

Dari data yang saya dapatkan dari acara Media Gathering Sosialisasi Pilkada Jatim ini, menunjukkan bahwa ada kecenderungan penurunan dalam Daftar Pemilih Sementara Pilgub Jatim ini. Berdasarkan DPHS (Daftar Pemilih Hasil Sinkronisasi) maka jumlah pemilih laki-laki sebanyak 15.517.576, jumlah pemilih perempuan sebanyak 16.002.512 sehingga total jumlah Daftar Pemilih Hasil Sinkronisasi adalah 31.520.088.

Smentara untuk DPS (Daftar Pemilih Sementara) Pilgub Jatim berjumlah  31.335.944 yang terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 15.440.932 dan pemilih perempuan sebanyak 15.895.012.

Sementara untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2024 toal berjumlah 31.402.838 yang meliputi pemilih laki-laki sebanyak 15.495.556 dan pemilih perempuan sebanyak 15.907.282

Dari data di atas maka dapat dilihat, dibanding DPT PEMILU 2024, maka DPS Pilgub Jatim 2024 mengalami penurunan sebesar 66.894 setelah dilakukan coklit. Coklit merupakan kepanjangan dari pencocokan dan penelitian dimana dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) atau juga biasa disebut dengan petugas Pantarlih.

Tentu saja penurunan Daftar Pemilih Sementara tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya saja:
  1. Jumlah pemilih ada yang meninggal
  2. DPT Pemilu 2024 juga melakukan pendataan pemilih dari luar jatim yang berada di lokasi khusus.

Pilkada Jatim 2024 dan Kirab Maskot Dari 38 Kabupaten di Jawa Timur

Bapak Nur Salam sebagai Anggota KPU Jawa Timur divisi Sosdiklih Parmas juga memberikan penjelasn bahwa pihaknya saat ini sedang menggalakkan sosialisasi yang berkaitan dengan Pilkada Jawa Timur 2024. Tentu saja hal ini dilakukan KPU Jatim dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat Jawa Timur untuk memilih.

Salah satu bentuk sosialisasi Pilkada Jawa Timur adalah dengan Kirab Maskot yang dilakukan secara serentak di 38 kabupaten yang ada di Jawa Timur, dan tak lupa 1 Kirab Maskot Pilgub Jatim yaitu Si Jalih atau kepanjangan dari Jatim Memilih.

Kirab Maskot ini nantinya akan dibawa dari dua jalur yaitu kabupaten Pacitan dan kabupaten Sumenep lalu bermuara di Kota Surabaya pada tanggal 12 Oktober 2024.

Adapun Bapak Choirul Umam sebagai Anggota KPU Jatim Divisi Teknis Penyelenggaraan menjabarkan bahwa tahapan Pilkada terdekat saat ini adalah pendaftaran pasangan calon Kepala Daerah  dan juga Gubernur beserta wakil yang akan diselenggarakan pada tanggal 27 sampai 29 Agustus 2024.

Selain itu juga, KPU Jatim mempersiapkan rumah sakit sebagai tempat pemeriksaan kesehatan untuk para pasangan calon kepada daerah beserta wakil, serta para pasangan calon gubernur beserta wakil. Adapun rumah sakit yang ditunjuk adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soetomo yang berlokasi di Surabaya.

Penutup

Dengan adanya Sosialisasi Pilkada Jawa Timur 2024 Oleh KPU Jatim diharapkan jumlah pemilih Jawa Timur akan semakin meningkat sehingga bisa berpartisipasi dalam pemilihan Kepala Daerah dan juga Gubernur Jatim.

Mari kita sukseskan Pilkada dan juga Pilgub Jatim, sebagai bagian dari pesta demokrasi bangsa Indonesia.



Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email tanjungsarimaria@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

1 komentar untuk "Sosialisasi Pilkada Jawa Timur 2024 Oleh KPU Jatim, Sebarkan Informasi Mengenai Tahapan Pilkada dan Pilgub Jatim 2024"

  1. Semoga hajatan besar Jatim nanti lancar ya Mbak, mendapat pemimpin yang amanah buat kemajuan daerah. Mantul KPU Jatim!

    BalasHapus