Cara Memilih Asuransi Berdasarkan Jenis, Manfaat, dan Tips Memilih

Cara Memilih Asuransi
Source Picture: Pixabay




Dalam hidup ini, kita pasti akan dihadapkan dengan berbagai risiko yang ada. Bukan bermaksud menginginkan atau mendoakan, pastinya kita ingin hal baik dalam hidup ini. Namun terkadang ujian yang diberikan Tuhan hadir tanpa manusia ketahui sebelumnya.

Ada beberapa risiko dalam kehidupan ini, misalnya saja sakit, kematian dan kecelakaan. Tentu harapan kita adalah tidak terkena risiko-risiko tersebut. Namun sebelum risiko tersebut menghampiri manusia, ada baiknya melakukan antisipasi. Salah satu alat untuk melakukan antisipasi terhadap risiko dalam hidup adalah program asuransi. 

Asuransi adalah alat penting dalam perencanaan keuangan yang membantu melindungi diri dan aset dari risiko yang tidak terduga. Ketika kita ingin menjadi nasabah asuransi, maka kita harus memahami berbagai jenis asuransi dan memilih yang tepat serta memastikan perlindungan maksimal dan memberikan rasa aman.

Jenis-Jenis Asuransi yang Perlu Diketahui

Sebagai seseorang yang akan mengambil program asuransi, diharapkan terlebih dahulu Anda mengetahui program asuransi apa yang hendak diambil. Tentu saja program asuransi tersebut diambil sesuai kebutuhan.

Berikut beberapa jenis asuransi yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk mengambilnya:

1. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa merupakan program perlindungan yang diambil oleh nasabah untuk mempersiapka risiko jika terjadi kematian. Tentu saja nantinya uang pertanggungan asuransi jiwa tersebut dapat diklaim oleh keluarga yang menjadi ahli waris sesuai yang tertera dalam polis.

2. Asuransi Kesehatan

Ada kalanya dalam hidup ini, manusia menderita penyakit tertentu. Dengan memiliki asuransi kesehatan, maka nasabah tak perlu khawatir memikirkan biaya pengobatan karena program ini bisa melindungi nasabah selama dalam perawatan medis.

3. Asuransi Kendaraan

Memiliki kendaraan bisa jadi merupakan impian sebagian orang. Namun kendaraan juga memiliki risiko seperti mengalami kecelakaan maupun kerusakan akibat hal-hal tak terduga. Dengan memiliki asuransi kendaraan, maka Anda tak perlu khawatir dengan biaya yang ditimbulkan akibat kerusakan kendaraan yang tak disengaja.

4. Asuransi Properti

Properti merupakan salah satu aset manusia yang paling berharga. Oleh karena itu untuk melindungi aser yang berharga tersebut, maka sudah selayaknya kita mengambil program asuransi properti.

5. Asuransi Perjalanan

Bagi Anda yang sering melakukan perjalanan, entah untuk urusan pekerjaan maupun hanya sekadar travelling, tak ada salahnya mengambil asuransi perjalanan. Hal tersebut untuk melindungi Anda apabila di tempat tujuan terkena musibah atau hal lain yang tidak diinginkan.

Ada beberapa manfaat ketika kita memiliki asuransi, sebut saja:
  • Memiliki perlindungan finansial sehingga tidak khawatir apabila terjadi risiko
  • Mendapatkan rasa aman dan tenang
  • Ada manfaat jangka panjang dan pendek yang dirasakan.
Sebelum memutuskan hendak mengambil asuransi apa, saya akan memberikan sedikit tips dalam memilih asuransi:
  • Menilai Kebutuhan dan Tujuan
  • Membandingkan Polis dan Premi antara satu perusahaan asuransi dengan perusahaan lainnya
  • Memeriksa Reputasi Perusahaan Asuransi sebelum mendaftar menjadi nasabah
  • Membaca Syarat dan Ketentuan Polis
  • Memahami Klausul dan Pengecualian

Adapaun jika Anda merupakan nasabah yang baru pertama kali mengikuti program asuransi, maka hindari kesalahan umum berikut:
  1. Tidak Memahami Detail Polis
  2. Mengabaikan Pengecualian
  3. Tidak Memperbarui Polis

Kesimpulan

Tidak ada salahnya kita memiliki asuransi untuk melindungi diri dan keluarga dari berbagai risiko yang tidak dikehendaki. Pilihlah asuransi yang tepat sesuai kebutuha dan juga sesuaikan dengan dana yang dimiliki.

Langkah awal tentu saja Anda harus menghubungi perusahaan asuransi tempat dimana akan mendaftarkan diri sebagai nasabah asuransi.

Semoga bermanfaat.
Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email tanjungsarimaria@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Cara Memilih Asuransi Berdasarkan Jenis, Manfaat, dan Tips Memilih"