Alur Pengajuan Klaim Asuransi Allianz Proteksi Jiwa Secara Langsung


Alur Pengajuan Klaim Asuransi Allianz

Kematian merupakan sesuatu yang pasti akan terjadi pada makhluk hidup, namun tidak ada yang tahu kapan waktunya. 

Sehingga alangkah baiknya selagi masih hidup mulai banyak berbuat baik, termasuk diantaranya adalah dengan mempersiapkan bekal untuk masa depan dengan menggunakan produk asuransi jiwa Allianz, kelak ketika sudah meninggal maka nantinya ahli waris akan merasa lebih tenang, karena hanya perlu ajukan klaim asuransi Allianz ini untuk mendapatkan uang pertanggungjawaban.

Mengenal Tentang Asuransi Jiwa

Istilah asuransi jiwa sendiri pastinya bukan hal yang baru lagi bagi Anda bukan, dimana memang produk perlindungan yang satu ini cukup populer. 

Ada semakin banyak masyarakat yang menggunakannya, khususnya adalah mereka yang memiliki peran penting dalam sebuah rumah tangga, sebut saja diantaranya adalah pencari nafkah atau tulang punggung keluarga, karena memiliki tanggung jawab yang besar terhadap anggota keluarga lain yang ada di dalam rumah.

Asuransi jiwa memiliki peran sebagai proteksi, dimana nantinya ketika tertanggung meninggal dunia maka ahli waris dalam melakukan klaim untuk mendapatkan manfaat dari asuransi. 

Tidak selalu harus meninggal dunia karena sebenarnya asuransi jiwa juga dapat diklaim jika seandainya nasabah atau tertanggung mengalami kondisi lain yang termasuk dalam poin proteksi asuransi tersebut, seperti diantaranya adalah kecelakaan yang menyebabkan cacat tetap. 

Prosedur Klaim Asuransi Jiwa Allianz

Bagi para nasabah Allianz bisa merasa lebih tenang jika seandainya nanti ingin mengajukan klaim asuransi, karena prosedurnya tergolong mudah. Berikut ini diantara langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengajukan klaim asuransi Allianz untuk proteksi jiwa tersebut, yaitu:

1. Download formulir pengajuan klaim dan lakukan pengisian secara lengkap, khusus untuk form pengajuan klaim asuransi jiwa ini sendiri bisa Anda dapatkan secara mudah, yaitu melalui website resmi yang dimiliki oleh Allianz, bisa juga didapatkan melalui agen tempat Anda melakukan pembelian asuransi tersebut, sesuaikan saja dengan kebutuhan. Setelah itu pengisiannya juga tidak dapat dilakukan sembarangan, melainkan harus sesuai dengan data yang sudah ada serta dilakukan secara lengkap.

2. Melengkapi dokumen yang diminta, selain keberadaan form untuk pengajuan klaim, maka bagian yang tidak kalah penting adalah dokumen penunjang yang dibutuhkan dalam proses klaim ini, keberadaan dari dokumen penunjang ini bukan sekedar formalitas, melainkan memang benar-benar harus ada, sehingga pastikan untuk melengkapinya tanpa ada yang kurang, sehingga klaim bisa segera diproses oleh pihak asuransi. Khusus untuk dokumen penunjang ini menyesuaikan dengan jenis klaimnya. Jangan lupa juga untuk menyertakan keberadaan polis asuransi yang masih aktif.

3. Kirimkan dokumen klaim ke kantor Allianz, setelah itu lakukan pengiriman dokumen tersebut ke kantor resmi perusahaan Allianz. Disini Anda bisa datang sendiri ke kantornya jika memang memungkinkan, namun jika terlalu jauh dari tempat tinggal sebenarnya masih ada solusi yang bisa digunakan, yaitu dengan melakukan pengiriman melalui jasa ekspedisi, tinggal serahkan saja melalui pihak ekspedisi untuk selanjutnya dikirim.

4. Pihak Allianz akan melakukan verifikasi data Anda, jika dokumen sudah diterima oleh pihak Allianz, maka harus menunggu selama beberapa hari bagi pihak asuransi untuk melakukan verifikasi sekaligus juga menentukan apakah klaim tersebut layak untuk dikabulkan ataukah tidak. Apalagi pada dasarnya tidak semua klaim yang dilakukan sudah pasti akan approve, ada juga kemungkinan dilakukan penolakan.

5. Tunggu pemberitahuan dari pihak Allianz, yaitu jika ada kekurangan data maka akan diminta untuk melengkapi, jika sudah sesuai dan tidak ada yang kurang maka nantinya pihak asuransi akan menyetujui permintaan klaim Anda tersebut, sehingga nantinya uang klaim akan dicairkan ke rekening yang sudah terdaftar, namun jika ditolak maka uang klaim tidak akan cair dan perusahaan akan memberitahu penyebab penolakan klaim tersebut.

Mudah bukan alur prosedur untuk pengajuan klaim asuransi Allianz jiwa ini. Tidak hanya digunakan untuk melindungi diri sendiri, melainkan keberadaan dari asuransi jiwa ini juga berguna untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik kepada anggota keluarga tercinta. 

Bisa beli mulai dari sekarang karena tidak ada yang tahu kapan nantinya kematian akan datang menjemput.

Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email tanjungsarimaria@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Alur Pengajuan Klaim Asuransi Allianz Proteksi Jiwa Secara Langsung"